browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

SDM – ORGANIZATIONAL STRUCTURE

Posted by on April 23, 2012

 

Pengertian Struktur Organisasi:

Robbins & Judge (2007:478):  Bagaimana pekerjaan dibagi secara formal, terkelompok dan terkoordinasi.

Key element:

1.        Work specialization adalah kadar/derajat yang digunakan organisasi dalam membagi-bagi organisasi menjadi pekerjaan-pekerjaan yang  lebih spesifik.

2.        Departmentalization adalah proses penggabungan pekerjaan berdasarkan pekerjaan-pekerjaan yang sejenis.

3.        Chain of commands (rantai komando) adalah garis wewenang yang tidak terputus dimana menghubungkan semua orang dalam suatu organisasi dan menunjukkan posisi orang tersebut.

4.        Span of control (rentang kendali) adalah jumlah karyawan yang memeberikan laporan pada satu supervisor.

5.        Cen- / Decentralization.

-    Centralisasi: memusatkan seluruh wewenang pada sejumlah kecil manager atau yang berada managerial puncak dalam suatu organisasi.

-    Desentralisasi : pendelegasian wewenang  dalam mengambil keputusan atau kebijakan  kepada manager  satu level di bawah dalam organisasi.

6.        Formalization adalah dokumen tertulis yang digunakan sebagai pengarah kerja para karyawan, dokumen tersebut meliputi kebijakan, peraturan, prosedur, dsb.

Six Key Questions & Elements

Question

Answer

To what degree are activities subdivided into separate jobs Work Specialization
On what basis will jobs be grouped together Departmentalization
Siapa bekerja untuk siapa (to whom do individuals and groups report) Chain of Commands
How many can a manager effectively direct Span of control
Where does decision making authority lie? Centralization/Desentralization
To what degree will there be rules to direct subordinates Formalization

Design of Organization Structure:

  • Faktor yang mempengaruhi Design Struktur organisasi: Strategy perusahaan,ukuran perusahaan, lingkungan, teknologi dan orang.
  • Bagi perusahaan besar yang paling penting  adalah Strategy dari structure (karena semuanya tercakup disana)
  •  Bagi perusahaan kecil yang paling penting adalah People. Karena perusahaan kecil untuk strategi susah terdokumentasi.

Common design:

Ada 3 jenis design struktur organisasi yaitu:

1.            Simple structure

  • Ciri – Ciri : unit kerja sedikit, bawahannya banyak (wide span of control), sulit membedakan atasan dan bawahan.
  • Kekuatannya: orang-orang dapat bergerak cepat, highly flexible, mudah memaintain, jelas apa yg harus dikerjakan.
  • Aplikasi : Paling baik diterapkan jika manager harus multiskill, untuk perusahaan kecil,

2.            Bureaucratic structure

  • Ciri – ciri : aturannya sangat formal, mengerjakan pekerjaan rutin, autoritas tersentralisasi, narrow span of control.
  • Kekuatannya: tenaga kerjanya khusus/tidak multiskill, efisien, minimum duplication.
  •  Aplikasi : sangat rentan terhadap munculnya konflik, selalu dibatasai pada aturan-aturan, sangat efisien dalam mengotrol problem karyawan

3.            Matrix structure

  • Ciri – ciri: breakdown the comcept of unity command, bisa memiliki 2 atasan, dual chain of command
  • Kekuatannya : pooling the specialist, coordination maong specialist, clear responsibility.
  • Biasa digunakan: Perguruan tinggi (dosen: ngajar MBTI ngajar MM jd dua bos), rumah sakit, R&D, agency, construction company, kombinasi fungsi dan produk.

Model of Design

* Pemilihan model organisasi , berdasarkan nature of business perusahaan.

1.            Mechanistic Model

               Sama dengan bureaucracy .

Karakteristik:

    1. High specialization
    2. Rigid departmentalization
    3. Clear chain of command
    4. Narrow span of control
    5. Centralization
    6. High formalization

2.            Organic  Model

Seperti aboundaryless organization.

Karakteristik :

    1. Cross-functional team
    2. Cross-hierarchical team
    3. Free flow of info
    4. Wide span of control
    5. Decentralization
    6. Low formalization

NO.

ASPEK

TALL

FLAT

01. LAPISAN BANYAK SEDIKIT
02. BAWAHAN LANGSUNG SEDIKIT BANYAK
03. RENTANG KENDALI SEMPIT LUAS
04. TUMPUKAN PEKERJAAN ATASAN BAWAHAN
05. DELEGASI SEDIKIT BANYAK
06. GAYA KOMUNIKASI ORANGTUA ORANG DEWASA
07. GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS DEMOKRATIS
08. INFORMASI DISIMPAN ATASAN DISEBARKAN
09. KREATIVITAS ATASAN BAWAHAN
10. PENGAMBILAN KEPUTUSAN ATASAN PARTISIPATIF
11. PERILAKU ATASAN SEPERTI RAJA SEPERTI MITRA
12. PERILAKU BAWAHAN “YES MAN” PROFESIONAL

 

 

 

Leave a Reply